Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Archives

Perbedaan Kata Tetun / Tetum

Kamus ini telah berupaya untuk mengikuti penggunaan umum sedapat mungkin karena itu bukan Tetum Tetun dianggap sebagai nama yang benar untuk bahasa Portugis mantra karena banyak kata dengan 'M "di mana suara fonetik adalah' N ', dan ini adalah apa yang mereka telah dilakukan dengan kata Tetun. Beberapa orang telah keliru menerapkan ejaan 'M' sebagai suara fonetik. 


Orang-orang tua yang bijak (ketua adat) memberitahu kita bahwa orang-orang yang tinggal di dataran (TETU, kata sifat), sehingga orang-orang yang berbicara bahasa itu dari dataran (Tetun, kata benda). Tidak ada argumen untuk nama bahasa atau ejaan sebagai kata sifat berubah menjadi nomina dengan menambahkan N. Dalam hal apapun tidak ada kata Tetun lain berakhir di M. 

Konsentrasi terbesar speaker Tetun alam terjadi di pantai selatan Timor Timur tengah, dari Luka di timur ke Alas di barat. Walaupun ada perbedaan regional kecil di dalam area ini mereka tidak cukup untuk mempertimbangkan salah satu dari mereka dialek terpisah.Dialek daerah ini telah disebut Tetun-LOS, dan telah dianggap sebagai bahasa Tetun standar di kamus ini. 

Secara umum, Tetun dapat dibagi menjadi empat dialek utama: 

Tetun-LOS berpusat di sekitar kota Soidada dan Kerajaan Samoro dan sepanjang pantai antara Alas dan Luka. Tidak ada upaya telah dilakukan untuk menyertakan bahasa ritual yang lebih kompleks dari puisi, yang digunakan di seluruh area yang Tetun diucapkan. 

Tetun-TERIK, diucapkan di barat-utara Timor Timur dan utara-timur di Timor Barat. dialek ini berkaitan erat dengan Tetun-Belu. 

Tetun-BELU, diucapkan di barat-selatan Timor Timur dan selatan-timur dari Timor Barat. Kedua dialek ini dan Tetun-Terok sering dianggap sebagai bahasa yang berbeda dari bahasa Tetun-Los karena definisi yang berbeda untuk kata-kata individu, tetapi tata bahasa dan sintaks masih sinonim. 

Tetun-Dili (juga dikenal sebagai Tetun-PRASA), dialek yang diajarkan kepada orang-orang Portugis dan lain memerlukan bahasa umum untuk perdagangan. 
Bahasa ini lebih sederhana dalam tata bahasa dari dialek lain dan dianggap sebagai lingua franca pada zaman Portugis, tapi sekarang sedang ditantang oleh English

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More