Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Archives

Percakapan Indonesia - Tetun

Haiyaa

Bagaimana kabarmu? (lit. Anda baik atau tidak?)

O di'ak ka lae?

Tidak buruk. (lit. beberapa baik, beberapa buruk)

Balu di'ak, att balu

Perpisahan. (dengan kuda, lit. memegang erat kuda)

Hatos kuda di'ak

Perpisahan. (dengan berjalan kaki, lit. melihat jalan dengan baik)

Hare dalan di'ak

Kami memiliki (hanya) tiba.

Ami to'o Ona.

Mereka telah tiba (beberapa waktu yang lalu).

Sira to'o tiha.

Kita akan pergi besok.

Aban ami sei ba.

Dia datang kemarin.

Nia mai tiha horiseik.

Kami akan pulang.

Ami Fila fali ba uma.

Buat ne'e sa?
"Ita"digunakan sebagai Anda selalu sopan untuk orang asing.

"O" untuk "Anda" adalah penggunaan akrab.

Siapa nama Anda?

Ita nia sa Naran? (ita = sopan)

Siapa nama Anda?

O nia sa Naran? (Untuk pelayan)

Nama saya adalah Yohanes.

Ha'u nia Naran John.

Iblis Nama saya adalah Robert.

Ha'u nia nia Belu Naran Robert.

Siapa nama istri Anda?

Ita nia kaben sa Naran?

Nama istri saya adalah Betty.

Ha'u nia kaben Naran Betty.

Berapa umur kamu?

Ita tinan hira? (ita = sopan)

Kapan kamu melahirkan?

Ita untuk hira uain hahouris? (atau bain hira?)

Kapan ulang tahun Anda?

Bain hira (uain hira) mak o halo o tinan nia?

Di rumah saya, kami memiliki dua anak

Iha ha'u nia uma, ami iha oan Rua.

Di mana Anda tinggal?

Hela iha ne'e ita bisa? (ita = sopan)

Mana Anda akan pergi?

Ba ita iha ne'e itu?

Saya tinggal di Fatu Kai.

Hau Hela iha Fatu Kai.

Apa nama desa Anda?

Ita nia knua Naran sa? (ita-sopan)

Berapa hari kita bisa tinggal di sini?

Ami BELE Hela iha ne'e, Loron hira?

Anda bisa tinggal selama yang Anda inginkan.

Futar ita nafatin HeLa BELE.

Apa waktu itu?

Oras ne'e, tuku hira?

Apa itu?

Buat sa ida ne'e?

Perjalanan 

Kami ingin mengendarai mobil. 

Ami hakarak atu kair Kareta ida. 

Jam berapa bis berangkat? 

Bus ba tuku hira? 

Jam berapa bus tiba? 

Bus to'o tuku hira? 

Bus tiba di 1:00. 

Bus mai tuku ida. 

Apa nama tempat ini? 

Iha fatin ida ne'e Naran sa? 

Kami ingin mencari tempat tidur. 

Ami hakarak atu hetan fatin Toba. 

Kami ingin satu tempat tidur untuk malam ini. 

Kalan ne'e, ami hakarak atu hetan toba fatin ida de'it. 

Dimana tempat bagi kita untuk tidur? 

Ami nia toba fatin, iha ne'e bisa? 

Kami mencari penginapan (rumah penginapan) 

Ami buka Pousada ida. 

Kami pergi ke luar negeri pada pukul tujuh. 

Ami ba tasi balu iha tuku Hitu. 

Kami akan kembali pukul dua. 

Ami sei Fila fali iha tuku Rua. 

Anda harus mengambil ini dengan kami. 

O sei lori ida ne'e ami ho. 

Bisa anda tunjukkan jalan ke Dili? 

Ita bele hatudu ba ha'u, dalan ba Dili iha ne'be? 

Saya ingin berbicara di telepon. 

Ha'u hakarak atu ko'alia ba telefone. 

Dapatkah saya pergi di sisi lain dari sungai? 

Ha'u BELE ba ba balu iha Mota? 

Bisakah kita bepergian jalan ini? 

Ami BELE Liu iha dalan ne’e? 

Kami ingin trabel ke pegunungan dekat distrik Ainaro. 

Ami hakarak atu hare ba besik iha Foho Ainaro. 

Saya ingin mengirim surat ke luar negeri. 

Ha'u hakarak atu jaruka surat ba tasi balu. 

Bisakah kita pergi untuk melihat menari Timor? 

Ai atu ba Timor BELE tebedai kelinci? 

Tunggu tiga jam. Kita akan kembali. 

Oras to'o Hein tolu. Hafoin Fila fali ami. 

Beli Dan Jual

Saya ingin membeli makanan.

Ha'u atu hakarak Hahan Sosa.

Saya ingin membeli buah.

Ha'u hakarak atu Sosa ai fuan.

Saya ingin membeli kalung emas.

Ha'u hakarak atu Sosa Muara Kaeli osa berarti.

Saya ingin membeli cincin emas.

Ha'u hakarak atu Sosa kadeli osa berarti.

Kami ingin membeli rokok.
-
Ami hakarak atu sigaro Sosa.

Dimana kita dapat menemukan tembakau?

Ami hetan ne'e iha BELE tabaku itu?

Kami ingin membeli dua tangan pisang.

Ami hakarak atu Sosa Hudi sasuit Rua.

Kami ingin membeli beberapa dompet tenunan.

Ami hakarak atu Sosa ti'u balu.

Kami ingin membeli beberapa tais (kain adat).

Ami hakarak atu Sosa tais balu.

Apakah Anda menjual kain?

Ita fa'an Hena?
Makanan

Apa nama makanan ini?

Hahan sa Naran ne'e?

Apakah ini baik?

Di'ak ida ne'e?

Apakah air ini baik untuk diminum?

Ue atu di'ak Hemu ne'e?

Aku hanya akan makan sayur.

Ha'u de'it modo sei ha.

Kami akan makan daging babi.

Ami BELE ha na'an Hahi.

Kami tidak akan menerima daging anjing untuk dimakan.

Ami la kohi ha na'an asu.

Daging Kid benar semua tapi aku tidak ingin daging kambing tua.

Na'an Bibi oan dia'k akan ha'u mai la kohi na'an Bibi ketua adat.

Saya ingin minum kopi dengan satu sendok gula.

Ha'u hakarak atu Hemu kafe masin ho midar kanuru ida.
Frase 

Apakah mereka pemuda pergi ke sekolah? 

Labrarik (lauarik) sira ne'e ba eskola? 

Apakah itu orang baik? 

Ema ida ne'e furak? 

Kapan tahun ajaran dimulai? 

Eskola hahu tinan bain hira (hira uain?) 

Jam berapa sekolah dimulai? 

Eskola hahu tuku hira? 

Saya ingin pergi ke toilet. 

Ha'u ba hakarak atu sentina kakus. 

Saya ingin makan sasouru (nasi bubur untuk sakit perut). 

Ha'u atu hakarak ha sasouru. 

Saya harus minum obat ini. 

Ha'u sei ai hemi mouruk ne'e. 

Pasang pembalut pada luka ini. 

Tau Hena kanek iha ne'e. 

Anda harus membuka pintu. 

Ita sei Loke ODA matan. 

Anda harus menutup pintu. 

Ita sei Loke matan ODA. 

Hari ini kita ingin pergi ke gereja. 

Ohin, ami hakarak atu ba uma kreda. 

Hari ini, kita akan melihat pasar. 

Ohin ne'e, ami atu ba basar kelinci. 

Apakah ini rumah Anda? 

Uma ita nian ne'e. 

Di mana Anda tinggal? 

O Hela iha ne'e bisa? 

Apakah pemerintah yang baik? 

Ema di'ak Ukun ne'e? 

Apakah Anda mencuci pakaian ini? 

Ita fase hena sira ne’e? 

Aku ingin mandi. 

Ha'u hakarak haris. 

Apakah Anda berbicara bahasa Inggris? 

Ita ko'alia Inggris? 

Kata dalam bahasa Inggris disebut ...; apa itu dalam bahasa Tetun?

Iha bahasa Inggris lia fuan Naran ...; iha Tetun sa Naran? 

Berapa banyak ini? 

Ne'e Osan hira? 

Apakah ada yang berbicara bahasa Inggris? 

Ema rumah hatene ko'alia bahasa Inggris? 

Saya bisa mengajari anda untuk mengucapkan kata-kata bahasa Inggris. 

Ha'u BELE hanourin ita atu ko'alia lia fuan bahasa Inggris. 

Hal ini panas. 

Rai manas. 

Hal ini basah. 

Rai bokon. 

Segera akan hujan. 

Udan besik Ona. 

Angin kuat, sehingga akan segera hujan. 

maka'as Anin, hafoin Udan besik Ona. 

Berapa banyak anak-anak Anda? 

Oan hira o nian? 

Berapa banyak istri yang telah Anda? 

O hira iha kaben? 

Kami ingin melihat ayam-melawan. 

Ami hakarak atu Futu manu ida kelinci. 

Saya ingin naik kuda. 

Ha'u ida hakarak kuda Sa'e. 

Jagung diperdagangkan dalam bundel berikut. 

1 bukar = 2 sampai 3 tongkol 

10 bukar = 1 Talin 

10 Talin = 1 tur 

10 tur = 1 kesak 

10 Besak = 1 BATAN 

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More