Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Archives

Sejarah Tentang Ataúro


Pada tahun 1948 pastor Izaquel Enis Pasqual dengan orang - orang membangun sebuah gereja di ataúro dan pada sebelumnya sebagian orang ataúro adalah orang protestan. Pada bulan juli 1952 pertama kali orang menerima baptis oleh pastor tersbut.

            Pada tahun 1965 guru ( catekista ) Agostu pindah ke Aileu dan yang mengantikannya adalah Guilerme Francisco Dias de Sousa dan Mateus Tilman. Pada tahun 1958 sudah ada gereja Motael yang dipimpin oleh pastor Jorge Barros Duarte konjungi ke ataúro.

            Pastor Jorge keluar dari ataúro yang mengantikannya adalah pastor Januario Coelho da Silva dan Ia melakakun misinya di tempat tersebut pada tahun 1965 dan ganti lagi pastor Julio das Dores Asu ( 1966 ), pastor João Brito ( 1968 ).

Pastor yang tinggal tetap di tempat tersebut adalah pastor José Calistro Guterres dan Ia konjungi ke daerah yang bernama Makadade dan Ia membangun sebuah gereja dengan nama pelindung Coração de Jesus dan ke Maquili membangun lagi sebuah gereja dengan nama João dan José. Dan selanjunya guru Mateus Tilman pindah lagi ke Ermera pada tahun 1969 dan yang mengantikannya adalah Januario de Araujo. Sekolah yang dibangun oleh misionaris selesai pada tahun 1975.

Pada saat itu juga orang – orang tahanan yang ditahan oleh militer Indonesia dipenjarakan dan siksa sampai mati karena salah satu dari keluarga mereka adalah pejuan/pahlawan timor-leste.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More