Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Archives

Klasifikasi Software Komputer


Klasifikasi Software Komputer

Secara umum klasifikasi software komputer atau pengelompokan software ada tiga, hal ini sudah saya tulis pada post sebelumnya dengan judul “Pengertian Software Internet” yaitu:
1.      Sistem software.
Software ini berfungsi mengoperasikan sistem dasar dari perangkat keras atau hardware mulai dari komputer dihidupkan dan mengatur software aplikasi yang berjalan pada perangkat komputer. Sistem software terdiri dari sistem operasi, driver peralatan, dan utiliti. Sistem operasi (OS) adalah kumpulan atau satu set perangkat lunak yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk program komputer(program aplikasi). Program aplikasi memerlukan sistem operasi untuk fungsi. Sedangkan driver peralatan adalah penghubung antara sistem operasi dengan alat/hardware.
2.      Programming Software
Programming software adalah perangkat lunak yang digunakan oleh pengembang perangkat lunak untuk membuat, debug, dan program aplikasi. Istilah ini biasanya merujuk pada program yang relatif sederhana yang dapat digabungkan bersama-sama untuk menyelesaikan tugas. Pemrograman perangkat lunak adalah sebuah sub-kategori perangkat lunak sistem tetapi kadang-kadang disebutkan sebagai sebuah kategori terpisah dari perangkat lunak bersama dengan aplikasi dan sistem perangkat lunak. Atau programming software bisa juga diartikan sebagai perangkat lunak yang berfungsi menterjemahkan perintah-perintah yang disusun programmer menjadi bahasa mesin.
3.      Aplikasi Software
Perangkat lunak aplikasi dikembangkan untuk melakukan tugas komputasi. Ini adalah seperangkat program yang memungkinkan komputer untuk melakukan pekerjaan tertentu pengolahan data untuk pengguna. Aplikasi software ini banyak contohnya. Tapi secara umum aplikasi software dikelompokan menurut fungsi atau penggunaan umum yaitu:
§  Aplikasi Pengolah Angka
§  Aplikasi Pengolah Kata
§  Aplikasi Pengolah Data
§  Aplikasi Pengolah Gambar
§  Aplikasi Pengolah Video
§  dan lain-lain
Demikianlah ringkasan dari materi “Klasifikasi Software Komputer”. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan diri penulis sendiri.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More