Welcomw To Blogspot Riezal Cinta Damai

Archives

Tips Membuat Interface Software


Tips Membuat Interface Software

Suatu software yang bagus sudah tentu mempunyai interface atau antar muka yang bagus. Terkadang saat koding dan data flow software yang kita buat sudah bagus, jika antar muka software kurang bisa berkomunikasi dengan user maka software yang kita buat akan sedikit yang senang menggunakannya. Antar muka software yang bagus akan mempermudah pengguna untuk mengembangkan pemahaman sendiri dalam memakai software yang kita rancang. Berikut tips merangcang antar muka atau interface yang saya rangkum dari beberapa sumber :
§  Konsistensi atau ketetapan
Dalam situasi yang mirip, upayakan tindakan yang tetap. Misalnya untuk tidakan menyimpan data dari versi sebelumnya memakai langkah atau ikon yang sama. Warna yang tetap, tata letak, font dan sebagainya diupayakan tidak berubah drastis. Seandainya kita sebagai programmer atau system analist mau merubah tampilan usahakan ada sebagian ikon atau langkah sebelumnya ada yang sama.
§  Menyediakan jalan pintas atau shortcut bagi pengguna
Buatlah jalan pintas untuk tindakan tertentu yang sering digunakan pengguna pada software yang kita buat. Jalan pintas atau shortcut bisa berupa tombol khusus, makro, dan perintah tersembunyi.
§  Sediakan umpan balik (feedback)
Buatlah sistem yang bisa memberikan respon untuk setiap tindakan pengguna. Contohnya tombol akan terlihat tertekan saat pengguna melakukan klik pada tombol tertentu. Atau sistem memberikan pesan saat pengguna memasukan format data yang tidak sesuai.
§  Desain dialog untuk menghasilkan penutupan
Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, da akhir. Berikan umpan balik yang informatif dan menunjukan aktivitas pengguna telah selesai dan sukses.
§  Berikan penawaran pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan sederhana.
Bisa kita lakukan dengan membuat desain bentuk yang membuat pengguna tidak dapat melakukan kesalahan serius. Contohnya saat kursor pengguna fokus pada field data khusus, system memunculkan tooltips tipe data yang diizinkan. Jika pengguna melakukan kesalahan, program dapat memberikan atau menawarkan instruksi sederhana untuk perbaikan.
§  Izinkan tindakan pemulihan atau tombol back maupun undo
§  Buat dukungan internal atau menu help
§  Kurangi beban memori jangka pendek
Untuk mengurangi beban memori jangka pendek pengguna bisa dengan memberikan pull-down menu, ikon, option button dan list box.
Demikianlah tips sederhana membuat interfase software yang disukai pengguna.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More