1. Pengertian Etika
Bertelepon
Etiket bertelepon adalah tata
krama, sopan-santun,tata pergaulan dalam bertelepon
(menerima-melakukan kontak telepon) yang meliputi berbicara dengan jelas,
tegas, terkesan ramah, hangat dan bersahabat.
2. Hal-hal penting
etika bertelepon adalah
1.
Jangan
biarkan telepon berdering 2-3 kali segeralah angkat.
2.
Dengarkan
mitra bicara dan berkonsentrasi dengan pihak penelepon (tidak melamun).
3.
Berkatalah
dengan sopan dan hangat, hindari kata-kata yang bisa meyinggungi perasaan
penelpon.
1.
Berikan
respon secara tepat dan lugas.
2.
Berbicar
sepelunya dengan volume suara cukup jelas, tegas, lancar serta hangat dan
bersahabat.
3.
Siapkan
perlengkapan seperlunya ketika akan menelepon, seperti nomor telepon yang
dituju, buku catatan, dan pensil. Setelah itu tanyakan apakah penerima telepon
punya waktu untuk berbicara.
3. Langkah-langkah
dan teknik menerima telepon.
1.
Segeralah
angkat jika telepon berdering.
2.
Ucapkanlah
salam begitu anda mengangkat telepon.
3.
Bila
penelepon menanyakan orang lain, tanyakan nama dan identitas orang yang dicari.
4.
Bila
orang yang dituju tidak ada ditempat maka beritahukan dengan sopan dan tawarkan
pada penelepon untuk meninggalkan pesan.
5.
Setelah
menyelesaikan pembicaraan dengan penelepon sebaiknya mengucapkan salam, dan
jangan meletakkan gagang telepon mendahului penelepon, tunggu sampai gagang
telepon diletakkan atau telepon ditutup selama dua atau tiga detik olah
penelepon.
4. Langkah-langkah
dan teknik menelepon
1.
Siapkan
nomor telepon yang akan dihubungi
2.
Tekan
nomor telepon yang dituju dan bila sudah tersambung dan pihak yang dituju sudah
menggangkat, ucapkanlah salam. Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan
pastikan bahwa nomor yang dituju benar.
3.
Sebutkan
identitas diri anda dengan jelas lalu kemukakan keinginan anda untuk berbicara
dengan orang yang dituju.
4.
Berikanlah
selalu kesan ramah dan ucapkan salam penutup untuk mengakhiri pembicaraan.
5. Cara menggunakan
telepon yang baik
1.
Pegang
gagang telepon dengan baik menggunakan tangan kanan, tempelkan telepon dekat
telinga dengan benar, sebaiknya mikrophone jangan terlalu dekat dengan mulut.
o
Usahakan
nafas kita saat bicara ditelepon tidak terdengar seperti mendengus.
o
Ucapkan
salam.
§ Tanyakan identitas penelepon.
§ Gunakan “Smiling Voice” dan
“Pitch Control” selama pembicaraan berlangsung.
·
Simak
baik-baik pesan dan kalimat penelepon.
·
Apabila
anda tidak mengerti, tidak ada salahnya anda mengulangi pertanyaan.
o
Akhiri
pembicaraan dengan salam.
o
Letakkan
gagang telepon dengan benar dan pas pada posisinya.
·
6. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat komunikasi
menggunakan telepon
·
Suara
terlalu keras.
·
Bicara
ditelepon sambil makan atau berdecak.
·
Berbicara
dengan orang lain selagi berbicara ditelepon.
·
Berbicara
dengan nada kasar atau membentak.
·
Berbicara
dengan nada memerintah.
·
Membirkan
penelepon menunggu terlalu lama tanpa penjelasan.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
Nada dan intonasi terkesan malas atau tak ramah.
0 komentar:
Posting Komentar